December 2, 2013

Istana Bawah Tanah

Penarikan minat kedua yang aku ikuti: Caving! ke Buniayu, pada 22 November s.d. 24 November 2013.

Ini pertama kalinya aku caving
Di bayanganku. Goa itu mulutnya besar. Mungkin 2 sampai 3 meter. mulutnya berlumut, ada tumbuhannya. Tapi bagian dalam goa warnanya cokelat-cokelat tanah gitu. Tapi tanahnya keras. 
Di bayanganku. Lantai goa beralaskan tanah kering. Mungkin sedikit berpasir. 
Di bayanganku, Goa itu dalam. Mungkin sekitar 500 m panjangnya. Atau tembus ke suatu tempat lain. Bentuknya akan seperti lorong. Lorong besar yang monoton, yang diameternya,  ya..segitu-segitu saja.

Tapi segala "di bayanganku" itu menguap ketika alam memperlihatkan bentuk goa yang asli.


Hm.. Maafkan mukaku yang gak sadar kamera ini..

Mulut goa.. 2 meter? 
Ternyata dari lubang di tanah sekecil itu.. itu bisa disebut goa! Oke. jadi, ternyata teman-teman. Dari mulut goa sekecil itu, bisa ada goa sepanjang...yah, panjang, deh, pokoknya. Saat itu, aku merasa seperti di tempat lain. Aku sama sekali gak bisa membayangkan, di atasku ada orang. 
Dan dari goa sekecil itu, ada ornamen-ornamen macam ini:


dan masih banyak lagi!
Itu goa pertama.
Goa kedua, dengan mulut yang sedikit lebih besar, bisa menghasilkan ruangan yang luar biasa besar dan seperti istana! ISTANA!!!



Keren banget, deh, pokoknya. Walaupun goa beda banget dengan yang aku bayangkan, ternyata malah lebih lebih keren! Subhanallah! 

Goa itu.. bagai istana di bawah tanah. Yah.. walaupun dengan catatan: lantainya berlumpur, naik-turun, gak rata, dan penuh dengan tantangan. 

source: dokta kapa ftui

No comments:

The Owner

My photo
Already 20. The girl who tries to be adorable enough.
"Face tomorrow, tomorrow is not yesterday."
-Avril Lavigne, Darlin'