August 29, 2013

DTA 2013, Karya Angkatan

Jadi, selama masa adaptasi dunia kampus di fakultas teknik kemarin-kemarin, kami (mahasiswa baru teknik 2013) dikumpulkan per departemen dan mendapat beberapa tugas. Salah satunya adalah karya angkatan, yang akhirnya bisa kami selesaikan tanggal 26 Agustus 2013 malam di rumah belajar tercinta.

Departemen Teknik Arsitektur 2013: Karya Angkatan.


Jumlah dari tabung paralonnya ada 150, dan maksudnya merepresentasikan masing-masing dari kami, yang kemudian bersatu dalam satu wadah.
Itu penjelasan singkatnya.
"I made this with my friends. The other 149."

Inilah kami, angkatan kami, kebanggaan kita semua!

August 20, 2013

Acara Pertama di UI: OBM

OBM adalah singkatan dari orientasi belajar mahasiswa. OBM Dimaksudkan untuk perkenalan terhadap kampus beserta metode pembalajarannya. Dalam OBM ini, saya diajar tentang IL (Information Literacy), PBL (Problem Based Learning), CL (Collaborative Learning), LS (Learning Skill), IT-CML. OBM untuk mahasiswa baru 2013 dilaksanakan dari tanggal 27 Juli s.d. 2 Agustus 2013.

Jadi, ya, di OBM ini, kami diajarin seputar-seputar perkuliahan gitu. Diantara semua materi di atas, saya paling suka Learning Skill (LS). Soalnya di sini banyak gamesnya manfaatnya, dan lebih enjoy ngejalaninnya. Jadinya bahagia selalu deh, hahaha. Bukan berarti di acara lain gak bahagia sih.

Awalnya, kami belajar IL. Di sini kami diberi games berjudul "mencari jejak", dengan maksud agar lebih mengenal perpustakaan pusat UI yang super keren itu. Gak main-main, games-nya asoy banget. Kudu pake scan barcode, baru kebaca deh isi petunjuknya apa. Overall, it was fun. Walaupun awalnya saya sempet salah ruangan gara-gara tiba-tiba Mbak-Mbak yang ada di FIB bilang ruangannya dipindah jadi ke gedung 9, terus habis itu setelah udah sempet ngejalanin pembelajaran di suatu kelas selama mungkin 1/5 materi, dikasih absen, dan nama saya gak ada di sana. Ya udah akhirnya pindah kelas, dan pindah kelasnya tuh ga sendirian, karena ternyata banyak teman-teman saya yang salah ruangan juga. Terus akhirnya yang pindah nyaris setengah kelas-___-
Awalnya lagi juga agak krik, karena teman yang saya kenal hanya Ditta, Brenda, Devi (kenalannya juga hari itu juga). Eeeeh, tapi si Brenda akhirnya pindah ke UGM, karena keterima FKG UGM di sana (semoga berhasil selalu, Bren!)
Tapi setelah games mencari jejak dari IL, saya kenal lumayan banyak orang nih! Haha. Teman sekelompok saya saat itu, yaitu: Desmonda (Monda, anak komunikasi UI yang ternyata SEKOMPLEK sama saya, haha-___- Emang dasar gue ngansos di komplek), Deasy (dari Geografi UI, mukanya cantik dan terlihat kalem. Tapi ternyata dulu dia paskib juga, haha, jadi tambah nyambung deh!), Ditta (anak Komunikasi), Dio (anak psikologi UI. Cowok, tinggi, jago bahasa inggris kayaknya. Dari luar, boleh jadi kata orang-orang keliatan keren, tp kalau ketawa kagak pernah inget ada dimana).
Awalnya (awal melulu, maklum kosa kata lagi kering), kami diem-diem aja, tuh. Paling cuma saya sama Ditta yang rada bawel. Tapi belakang-belakangnya seru banget! Mana si Dio sama Ditta lawak mulu, perut saya sakit gak karu-karuan hari itu.

Oh, iya, saya akan memperkenalkan (dalam satu paragraf) teman saya yang sekelas OBM dengan saya. Dia anak Komunikasi UI. Berarti Fakultas ISIP (kalau fakultas ya jangan pake "f" lagi di fisip. Nanti malah jadi Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Waktu itu saya kenalan sama dia di tanggal 27 Juli, hari pertama OBM. Kami sama-sama menunggu kelas dibuka. Akhirnya ngobrolin berbagai macam hal. Saya kira saya mulai mudah mencari topik, sampai saya sadari, alasan kenapa saya bisa ngobrol lancar banget sama dia ya karena dia bawel, dan saya kalem seimbang lah.
Namanya Ditta Felica. Dan dia yang memberi tahu bahwa ada kamar kosong di tempat kosannya dia.

Hari kedua, kalau tidak salah LS. Learning Skill, di FH. Rasanya OBM, tuh, asyik banget, soalnya jadi bisa keliling-keliling UI dan menghilangkan sisa kemageran selama liburan! Haha.
Di FH ini, kami diajar oleh Kak Mimi dan Kak Nda. Mereka berdua berasal dari Fakultas Psikologi.
Jadi di hari kedua ini, kami diterangkan tentang cara belajar di univ, dan tentang berpikir kritis.
Pertama-tama, kami dibagi jadi kelompok-kelompok, terus dikasih kertas berisi soal, dan petunjuk. Soalnya kayak soal cerita TPA, gitu. Dan saya sangat suka beginian. Akhirnya, kelompok saya (Bella, Devi Triani, Dimas A, Fajri) yang jawabnya benar semua! Wiii! Satu-satunya yang benar semua loh jawabannya...good job guys.
Gak cuma itu games dan materi-materinya. Ada banyak banget, dan seru banget. Berkali-kali kami rombak-bentuk kelompok, sampai-sampai di hari kedua ini, saya nyaris kenal sama satu kelas.

Hari ketiga, kalau tidak salah CL. Collaborative Learning, di FE. Pendapat orang-orang sih ngebosenin. Tapi menurut saya seru-seru aja, sih! Seru banget dapet teman baru yang otaknya macam-macam di sini.
Di CL ini, kami diajar metode pembelajaran CL. Jadi, kami dibagi menjadi kelompok-kelompok, yang namanya focus group. Di focus group ini, kami bakal ngebahas tentang bunga (emang materi yang dikasih bunga), fungsinya, strukturnya, dan lain-lainnya! Yang saya kasihan adalah mereka yang dari IPS. Ada teman saya namanya Dewina. Ketika kami menjelaskan tentang struktur bunga, tampangnya gak jauh jauh dari: :-/ o_O X-| >:|
Setelah focus group, kami dirombak-bentuk lagi menjadi kelompok baru yang dinamakan home group. Di sini, kami harus menjelaskan materi yang diajarkan di focus group kepada teman-teman baru kita di home group. Setelah penjelasan yang ujung-ujungnya gak kelar, akhirnya kami memutuskan untuk langsung membuat presentasi saja.

Setelah membuat presentasi dengan keputusan bahwa yang akan mempresentasikannya adalah salah satu teman ahli kami yang paham materi, kami duduk manis.
Tapi ternyata, semua itu hanya angan-angan belaka..
Wakil untuk presentasi dipilih acak, dan kami semua waswas. Yang dari IPA berdoa supaya gak maju, apalagi yang dari IPS.
Pada akhirnya, yang terpilih untuk mewakilkan kelompok saya adalah Dikri (anak bisnis islam, FE, jelas-jelas anak IPS), yang tidak mengerti tentang ini, tapi gayanya semerbak. Kita beri applause dulu untuk Dikri....

Hari keempat, kami belajar IT-CML. Panjang deh pokoknya.. tapi penting banget. UI banget.

Hari kelima, LS lagi. Seru banget (lagi). Diajarin kalau kita jadi mahasiswa UI juga untuk rakyat.. :)
Bikin tambah semangat untuk melakukan&menghasilkan yang terbaik, deh pokoknya.

Hari keenam, PBL (Problem Based Learning). Metode pelajaran yang rada ribet, tapi emang sangat aplikatif.

Di hari keenam yang adalah hari terakhir... kami foto-foto. Sayangnya foto-fotonya gak di-upload, cuma beberapa, dan gak lengkap.

durra dan teman-teman OBM

JANGAN LUPAIN DURRA, TEMAN-TEMAN! Kalian, teman-teman pertama Durra di kuliah, ahaha :'-) 

The Owner

My photo
Already 20. The girl who tries to be adorable enough.
"Face tomorrow, tomorrow is not yesterday."
-Avril Lavigne, Darlin'