May 22, 2015

Q&A: Edisi Calon Maba Arsitektur

Mengingat adik kulo sebentar lagi UN (lulus SMA), dan mulai ada beberapa orang yang bertanya kepada aku mengenai dunia perkuliahan khususnya arsitektur, maka di sini aku akan memaparkan jawaban dari most asked Question (itung-itung membantu orang-orang yang nulis keyword "arsitektur", "apa itu arsitektur", "perkuliahan di arsitektur", atau "arsitektur Universitas Indonesia").

Oh ya, mungkin yang akan aku kasih tahu emang lebih banyak tentang Arsitektur Universitas Indonesia ya. Aku nggak belum sering ikut-ikutan kumpul bareng anak ars lain gitu, tapi kalau lewat line pusing kalau nanya dan jelasin tentang ars di universitas masing-masing. Karena pasti seru. jadi lewat line terlalu sayang!!

Kembali ke topik.

Pertanyaan: Gimana sih cara dapat SNMPTN?
Gak tau ya. Aku gak dapat SNMPTN loh. Aku berpendapat SNMPTN itu memang berasa seperti hadiah. Jadi lebih baik persiapkan saja untuk sesuatu yang lebih pasti.

Pertanyaan: Dulu masuk Arsitektur lewat mana?
Lewat jalur masuk yang sah..
Jalur masuk kan cuma segitu ya.. SNMPTN, SBMPTN, jalur tulis. Nah kulo ikutan itu semua. SNMPTN tidak diterima, jadi daftar SBMPTN dan SIMAK. Alhamdulillah diterima lewat SIMAK (ada bukti printscreennya loh di blog ini haha!).
Anyway, dulu aku pilih Arsitektur Interior loh di SNMPTN. Tapi gak keterima, jadi karena merasa sakit hati dengan UI, aku gak pilih arsitektur interior lagi di SBMPTN terus milihnya univ lain di SBMPTN, tapi tetep aja sih ikut SIMAK. Keluargaku cinta UI. Alhamdulillah keterima. Mungkin cinta keluargaku tak bertepuk sebelah tangan.

Pertanyaan: Arsitektur harus bisa gambar gak?
Tergantung milih mana. Kalau pilih UNPAR, well, kamu kudu bisa gambar. Tapi kalau pilih Arsitektur UI nggak, kok! Kepala departemen kami sendiri yang bilang, Mr. Yandi (biar keren pakai Mr. Anyway kadept kami memang gahul loh..), "UI gak ada tes gambar, karena kami mau orang yang cerdas dalam berpikir." Tapi bisa menggambar itu modal yang oke banget!

Pertanyaan: Tapi bukannya arsitektur itu gambar-gambar?
Ya... Ketika masuk arsitektur terutama di UI, pertama-tama kita bakal dikasih mata kuliah seni rupa, kok! Di sini lama-kelamaan tangan kita terlatih untuk membuat suatu karya, dan akan meningkatkan sense of art kita. Kita akan diarahkan di sini. Tapi ada baiknya kalau kita mencoba dulu, ya!

Pertanyaan: Katanya Arsitektur itu anak-anaknya paling fashionable ya?
(Sebenarnya kulo tak tahu apakah akan ada pertanyaan macam ini, tapi dahulu kala kakak kulo berkata begini, "Hati-hati mati gaya, yah! Anak arsitektur itu yang paling fashionable di Teknik!") Nyatanya...nggak juga. Semua orang nyentrik, kok. Yup. (Padahal fashionable dan nyentrik adalah dua hal yang sangat berbeda) Well, sesungguhnya aku tak tahu fashionable itu apa syaratnya. Dulu zaman maba aku pakai baju dengan baju yang menurut aku oke aja (karena gak ada baju lain), menurut orang warnanya nabrak-nabrak, kemudian ada juga temanku yang berkomentar, "Walaupun baju lo beda-beda warna begini, gara-gara lo pede, gue jadi ngerasa oke aja bajunya, Dur." Intinya aku tidak tahu apa itu fashionable. Yah, bersikap seadanya sajalah, ya.

Pertanyaan: Arsitektur itu belajar apa, sih?
Belajar tentang ruang dan manusia (simpelnya. Bisa saja jawaban ini tidak diterima fasilitator pengantar arsitektur...)

Untuk lebih jelasnya, bakal ada mata kuliah pembuka yang sesuai alurnya, kok! (ga mungkin masuk-masuk langsung disuruh bikin rumah..)
Ok!
Yang jelas, belajar itu seru. Yeay!

The Owner

My photo
Already 20. The girl who tries to be adorable enough.
"Face tomorrow, tomorrow is not yesterday."
-Avril Lavigne, Darlin'