Inilah Sifat Terpuji (Mahmudah) Yang Harus Kita Miliki

Inilah Sifat Terpuji (Mahmudah) Yang Harus Kita Miliki. Berikut yakni penjelasannya yang antara lain yakni :
  1. Taubat , Dalam Artian Selalu berusaha untuk menyesali perbuatan dzolim dan dosa yang telah dilakukan dan bertekad dengan sungguh-sunggu untuk tidak mengulanginya lagi kembali.
  2. Takut kepada Tuhan dalam pengertian Cinta kepada Tuhan , dan takut mengecewakan Tuhan atas semua keburukan yang potensial dapat dilakukannya.
  3. Mahabbah , dalam hal ini berusaha mengasihi Tuhan dan Rasul-Nya.
  4. Zuhud , disini maksudnya yakni mengendalikan hawa nafsu dan tidak terjebak dari segala kesenangan dunia yang berlebihan , dan meninggalkan perkara yang tidak baik.
  5. Sabar , dalam pengertian sabar dalam ketaatan kepada Tuhan , dan sabar dalam menjauhi maksiat.
  6. Syukur , dalam pengertian terpelajar mengatur dan memilihara nikmat Tuhan , sehingga nikmat Tuhan yang ada padanya menjadi berkembang dan berlipat ganda.
  7. Ikhlas dan Benar , dalam hal ini dituntut untuk mampu menundukkan dorongan hawa nafsu dan cinta berlebihan pada dunia.
  8. Ridha dengan Qadha Tuhan , dalam pengertian apapun yang terjadi dan datangnnya dari Tuhan diterimanya dengan syukur dan sabar oleh insan mukmin.
  9. Tawakal , dengan pengertian setelah melakukan yang terbaik dalam hidupnya , risikonya semua karenanya diserahkannya kepada kehendak Allah.
  10. Selalu mengingat Mati yang diartikannya sebagai pesan yang tersirat yang diam sekaligus menjadi cara introspeksi diri yang paling baik.
Dikutip dari banyak sekali sumber


Sumber https://cintasunnahku.blogspot.com

Komentar

  1. masyaAllah ,dulu url ini punyaku, eh skrg udah jadi blog yg lebih bermanfaat. Keep up the good work! Semoga selalu berada di jalan yang benar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer