Inilah Adab berbuka Puasa yang perlu anda ketahui

Inilah Adab berbuka Puasa yang perlu anda ketahui. Waktu berbuka puasa pastinya sangat ditunggu oleh setiap orang. Namun tahukah anda bahwa dalam berbuka puasa terdapat aturan/ moral yang perlu anda ketahui.

Inilah Adab berbuka Puasa yang perlu anda ketahui

Adab berbuka Puasa

Berikut adalah beberapa moral dalam berbuka puasa antara lain adalah :
  1. Bersegeralah untuk berbuka sebab adalah rasulullah SAW bersabda yang artinya : “ Umat Islam Senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (Muttafaqun ‘Alaih). Nabi Muhammad SAW juga bersabda : “Agama ini akan senantiasa menang , selama umatnya menyegerakan berbuka. Karena yahudi dan nasrani mengakhirkan berbuka (HR. Abu Daud)
  2. Berdoa Sebelum mulai Berbuka. Rasulullah SAW bersabda yang artinya , ada tiga doa yang tidak tertolak : (1) Doa Pemimpin yang adil , (2) Doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka , (3) doa orang yang terzholimi.” (HR. Tirmidzi)
  3. Membaca basmalah ketika memulai berbuka. Rasulullah SAW bersabda yang artinya , “Apabila salah seorang diantara kalian makan , maka hendaknya ia menyebut nama Yang Mahakuasa SWT (Yaitu membaca ’Bismillah’). Jika ia lupa untuk menyebut nama Yang Mahakuasa SWT diawal , hendaklah ia mengucapkan :”Bismillahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Yang Mahakuasa pada Awal dan Akhirnya)”.” (HR. Abu Daud)
  4. Mengutamakan Hidangan Sunnah ketika berbuka. Dianjurkan untuk mengawali berbuka dengan beberapa biji kurma basah (ruthab). Jika tidak ada , berbuka dengan kurma kering (tamr) , dan jika tidak ada , berbuka dengan minum air putih. Anas bin malik menceritakan “Rasulullah SAW terbiasa berbuka dengan beberapa biji kurma basah sebelum shalat maghrib. Jika tidak ada , ia berbuka dengan beberapa biji kurma kering , jika tidak ada , ia berbuka dengan air minum.” (HR. Ahmad)
  5. Membaca Doa Seusai Berbuka. Doa yang shahih berdasarkan hadist dari ibnu umar bahwa ia menceritakan , Rasulullah SAW ketika telah berbuka mengucapkan “Dzahabadh Zhoma’u wab tallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah” yang artinya “telah hilang rasa haus dan telah basah kerongkongan dan pahala telah ditetapkan Insya Yang Mahakuasa “ (HR. Abu Daud)
  6. Memberi hidangan berbuka untuk orang yang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa , maka baginya pahala mirip orang yang berpuasa tersebut , tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Ahmad)
  7. Jika Anda diberi hidangan berbuka oleh orang lain , Jangan lupa mengucapkan syukur dan terima kasih , dan itu bisa diwujudkan dengan mendoakannya. Nabi Muhammad SAW pernah diberi makanan dan minuman oleh seseorang , kemudian ia mendoakannya. “ Allahumma Baarik lahu Fiimaa razaqtahum , waghfirlahum , warhamhum” “Ya Yang Mahakuasa , berikanlah rizqi yang engkau berikan kepadanya , ampuni dan rahmatilah dia.” (HR. Ahmad).
Dikutip dari banyak sekali sumber.
.

Sumber https://cintasunnahku.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer