Inllah Kesalahan Yang Bisa Kita Lakukan Dalam Shalat

Inllah Kesalahan Yang Bisa Kita Lakukan Dalam Shalat. berikut yaitu beberapa hal-hal yang tanpa kita sadari bahwa hal tersebut merupakan kesalahan yang dilakukan dalam shalat.

Shalat Sunnah Ketika Qomat
Dari Abu huraira berkata , telah bersabda rasulullah SAW :
Apabila Shalat telah ditegakkan maka tidak ada shalat lain yang dikerjakan selain shalat wajib (HR. Abu Daud).

Pandangan Mata Keatas dikala shalat
Dari Anas Bin Malik Berkata Nabi Muhammad SAW Bersabda :
“Kenapa Orang-Orang itu mengangkat Matanya Kelangit didalam shalatnya dan perkataan beliau semakin meninggi sampai beliau mengatakan “ Sepatutnya bagi mereka untuk berhenti atau akan disambar jasus mereka “ (HR. Bukhori).

Tidak Mengangkat Kedua Tangan
Dari Abdullah Bin Umar Berkata : Aku Melihat Nabi Muhammad SAW membuka shalatnya dengan bertakbir maka beliau mengangkat kedua tangannya dikala bertakbir sampai sejajar dengan kedua bahunya dan dikala bertakbir untuk ruku , beliau melakukan hal yang sama (HR.Bukhori).

Menoleh Ketika Shalat
Dari Aisyah Berkata : Aku pernah bertanya kepada rasulullah SAW perihal seseorang yang menoleh dalam shalatnya maka beliau bersabda :
“Itu yaitu curian yang dilakukan syaitan dalam shalat seorang hamba “ (HR. Bukhori).

Tidak Bersedekap dikala berdiri dalam shalat
Dari Sahl bin Sa’ad Berkata :
“Adalah manusia diperintahkan semoga seseorang meletakkan tangan kanan diatas pergelangan tangan kirinya dikala shalat” (HR. Bukhori).

Tergesa-Gesa Ketika Shalat
Dari Abu Qotadah berkata Rasulullah SAW Bersabda :
“Orang Yang paling buruk dikala mencuri yaitu seseorang yang mencuri dalam shalatnya”
Para sahabat bertanya : wahai rasulullah bagaimana seseorang mencuri dalam shalatnya beliau bersabda :
“dia tidak menyempurnakan ruku’ dan Sujudnya” (Shohih Targhib Wa Tarhib).

Mengangkat kaki dikala sujud
Dari Abdullah bin Abbas berkata : Rasulullah SAW bersabda :
“Aku diperintahkan untuk sujud bertumpu diatas tujuh tulang...(Yaitu) diatas kening seraya beliau menunjukkan dengan tangannya Hidung kemudian kedua telapak tangan , kedua lutut dan ujung jari jemari kaki” (HR. Bukhori).

Hidung tidak menyentuh tempat sujud
Dan Abdullah Bin Abbas Berkata Rasulullah SAW bersabda
“Aku diperintahkan untuk sujud bertumpu diatas tujuh tulang...(Yaitu) diatas kening seraya beliau menunjukkan dengan tangannya Hidung kemudian kedua telapak tangan , kedua lutut dan ujung jari jemari kaki” (HR. Bukhori).

Mendahului atau bersamaan dengan gerakan Imam
Dari Anas Berkata : Rasulullah SAW shalat bersama kami pada suatu hari..takala shalat simpulan beliau menghadapkan wajahnya kepada kami kemudian berkata:
Wahai manuisia bahwasanya saya yaitu imam kalian maka janganlah kalian mendahuluiku dikala ruku dan sujud. Demikian juga dengan berdiri dan dikala simpulan bahwasanya saya melihat kalian dari arah depan dan dari belakangku (HR.Muslim).

Menempelkan Kedua lengan ketempat sujud
Dari Anas Berkata , Rasulullah SAW bersabda Bersikap I’tidallah kalian dikala sujud dan janganlah salah seorang diantara kalian menempelkan lengannya ibarat anjing” (HR. Bukhori).

Berjalan Cepat untuk mendapatkan Raka’at
Dari Abu Hurairah Berkata , Telah Bersabda Rasulullah SAW
“Apabila Kalian Mendengar Iqomah Maka Berjalanlah untuk menuaikan shalat.. dan hendaklah kalian berjalan dengan damai dan menjaga kesopanan , jangan kalian tergesa-gesa apa yang kamu dapatkan (dari gerakan imam) maka ikutilah dan apa yang terlewatkan maka sempurnakanlah” (HR. Bukhori).

Shalat Tidak menghadap Sutroh
Dari Abu Sa’id Al Khuduri berkata telah bersabda Rasulullah SAW apabila kalian hendak shalat , maka shalatlah menghadap sutroh.. dan mendekatlah kearah sutroh , jangan biarkan seseorang lewat didepannya. Jika seseorang lewat didepannya maka perangilah seseungguhnya beliau yaitu syaitan” (HR. Abu Daud).

Melakukan perbuatan dan gerakan suplemen yang sia-sia
Dari jabir bin samuroh berkata , rasulullah SAW keluar mendatangi kami lalu beliau bersabda :
“Mengapa Aku melihat kalian mengangkat tagan kalian , seperti ia yaitu ekor kuda yang tidak bisa diam. Tenanglah kalian dalam shalat.”(HR. Muslim).

Menunggu imam berdiri lalu sholat bersamanya
Dari abdullah bin mughoffar berkata , Rasulullah SAW bersabda :
Siapa yang mendapati saya dalam kondisi ruku’ berdiri atau dalam keadaan sujud hendaklah beliau segera mengikuti saya sesuai dengan gerakan shalat yang sedang saya lakukan” (HR. Muslim).

Tidak mengucapkan Takbiratul ihrom Ketika Masbuq
Dari Abu Hurairah Berkata , Rasulullah SAW bersabda :
“Apabila Engaku Hendak Menuaikan Shalat , Maka Bertakbirlah” (HR , Bukhori).

Mengeraskan bunyi dikala membaca Dzikir shalat sehingga membuat keributan
Dari Abu Sa’id Al Khudri berkata , Rasulullah SAW bersabda :
“Ketahuilah seseungguhnya setiap kalian sedang bermunajat kepada Robbnya janganlah satu dengan lainnya saling menggangu dan janganlah satu dengan lainnya saling mengangkat suaranya dikala membaca atau beliau bersabda “... Ketika Shalat” (HR. Abu Daud).

Mengangkat kedua tangan setelah ruku’ Seperti berdoa’
Dari Abdullah bin umar berkata Aku melihat Nabi Muhammad SAW membuka shalatnya dengan takbir maka beliau mengagkat kedua tangannya dikala bertakbir dan mengakibatkan keduanya sejajar dengan kedua bahunya” (HR. Bukhori).

Tidak tepat berdiri dikala bangun dari ruku’
Dari Abu Hurairah berkata telah bersabda Rasulullah SAW”.. Kemudian Ruku’ lah sampai tepat posisi ruku’.. kemudian bangkitlah berdiri sampai tepat tegak berdiri. (HR.Bukhori).

Tidak melakukan ruku secara sempurna
Dari Aisyah berkata , yaitu Rasulullah SAW apabila hendak ruku’ beliau tidak mengangkat kepalanya dan tidak pula merendahkannya akan tetapi ada diantara itu (HR. Muslim).

Menggulung pakaian dikala shalat
Dari Abdullah Bin Abbda Berkata. , Rasulullah SAW bersabda :’ “Aku diperintahkan untuk sujud bertumpu diatas tujuh tulang tidak menggulung pakaian dan tidak mengikat rambut” (HR. Muslim).

Shalat dengan menggunakan Pakaian yang tidak menutupi pundaknya
Dari Abu Hurairah berkata , Rasulullah SAW bersabda :
“Janganlah Salah seorang dari kalian shalat dengan mengenakan satu pakaian.. yang tidak menutupi kedua pundaknya” (HR. Bukhori).

Shalat ditempat yang tidak layak
Dari anas bin malik berkata , ‘Aisyah memiliki kain tipis yang bercorak yang digunakan untuk menutupi sisi rumahnya maka nabi muhammad SAW bersabda kepada Aisyah : “ Singkirkanlah kain tersebut dariku karena corak yang ada pada kain tersebut selalu membuatku terganggu dikala saya shalat” (HR. Bukhori).

Berjalan dihadapan orang yang shalat
Dari Abu Juhaim Berkata , Rasulullah SAW bersabda :
“sekiranya seseorang mengetahui hukuman yang akan diterimanya tamat berjalan dihadapan orang yang sedang shalat..Niscaya berdiri selama 40 lebih baik baginya dari pada beliau terus berjalan dihadapan orang yang sedang shalat”

Berkata Abu Nadhr (Salah satu perawi hadist)
“Aku tidak mengetahui apakah rasulullah bersabda 40 hari , 40 bulan ataukah 40 tahun” (HR. Bukhori).

Tidak merapatkan shaf dan meluruskannya
Dari jabir bin samuroh berkata , Rasulullah SAW bersabda
“Apakah Kalian tidak ingin bershaf ibarat shafnya para malaikat disisi rabb mereka?” Kami bertanya , “Ya Rasulullah lantas bagaimana sifat shaf para malaikat disisi rabb mereka ?” beliau menjawab. “ Mereka menyempurnakan shaf yang pertama dan rapat didalam shaf.”(HR.Muslim).

Mengangkat Kedua Telapak Kaki dikala Sujud
Dari Abdullah Bin Abbas Berkata Rasulullah SAW bersabda :
“Aku perintahkan untuk sujud bertumpu diatas tujuh tulang.. Yaitu Diatas kening seraya beliau menunjukkan dengan tangannya hidung kemudian kedua telapak tangan , kedua lutut dan ujung jari jemari kaki” (HR.Bukhori).

Mengangkat kedua tangan dikala bertakbir untuk sujud dan berdiri dari sujud
Dari Abdullah Bin Umar berkata , saya melihat Nabi Muhammad SAW membuka Shalatnya dengan bertakbir , maka beliau mengangkat kedua tangannya dikala bertakbir.. sampai sejajar kedua pundaknya dan bila bertakbir untuk ruku beliau lakukan hal yang sama dan apabila beliau berkata “Sami’allahu-liman Hamidah” beliau juga melakukan hal yang sama seraya berkata : “Robbana wa lakal Hamdu” beliau tidak melakukan hal tersebut dikala akan sujud dan dikala akan bangun berdiri dari sujud (HR.Bukhori)

Dikutip dari banyak sekali sumber
.

Sumber https://cintasunnahku.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer