Suami Harus Tahu inilah Hukum Membuat Istri Menangis Dalam Islam

Suami Harus Tahu inilah Hukum Membuat Istri Menangis Dalam Islam. Dalam Berumah tangga pastinya ada pertengkaran antara suami dan istri yang mungkin disebabkan oleh duduk perkara sepele dan duduk perkara besar. Namun kadangkala juga seorang suami yang tidak bisa menahan emosi dengan mudahnya melakukan kekerasan terhadap isrinya yang menyebabkan sang istri menangis. Namun tahukah anda jikalau seorang suami memiliki tugas dan tanggungjawab yang besar terhadap istrinya. Sebagai kepala rumah tangga , sudah kewajiban bagi seorang suami untuk melindungi , menjaga , dan juga menafkahi istri. Namun bagaimana saat seorang suami itu justru sering membuat sang istri menangis. Maka wajiblah untuk mengetahui hukum dalam islam saat suami membuat istri menangis.

Suami Harus Tahu inilah Hukum Membuat Istri Menangis Dalam Islam

Sebagaimana dijelaskan dalam QS. An-Nisa ayat 19 :
"Dan pergaulilah istrimu-istrimu dengan baik. Lalu , jikalau kamu tidak menyukai mereka , maka bersabarlah karena mungkin engkau tidak menyukai sesuatu , padahal Tuhan menyebabkan padanya kebaikan yang banyak." (QS. An-Nisa: 19).
Dalam surat tersebut telah dijelaskan apabila seorang suami itu harus memiliki kesabaran yang lebih , terutama saat para suami melihat hal yang tidak disukai dari sang istri.

Dan didalam sebuah hadist telah dijelaskan :
”Barang siapa yang membiarkan hati istrinya , maka seolah-olah ia menangis takut kepada Allah. Dan barang siapa menangis karena takut kepada Tuhan , maka Tuhan akan mengharamkan tubuhnya masuk neraka. Sesungguhnya saat suami istri saling memperhatikan , maka Tuhan SWT akan memperhatikan mereka berdua dengan penuh rahmat. Saat suami memegang telapak tangan istri , maka bergugurlah dosa suami istri itu lewat sela-sela jari mereka.” (HR. Maisarah bin Ali , dari Ar Rafi’ , dari Abu Sa’id Al Khudzri)

Dari penjelasan ayat Al Qur’an dan hadist diatas itu menerangkan apabila hukum membuat istri menangis itu adalah haram hukumnya. Sehingga harus berhati-hatilah seorang suami saat akan berbuat sesuatu kepada istri , karena tangisan seorang istri itu akan lebih mendekatkan dirinya kepada Tuhan SWT. Dan hal tersebut pastinya akan menyebabkan dosa bagi seorang suami yang membuat istriNya telah menangis.

Dikutip dari berbagai sumber


Sumber https://cintasunnahku.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer